Cara Mengobati Syaraf Kejepit dg Obat Tradisional


Cara Mengobati Syaraf Kejepit dg Obat Tradisional


Info kali ini akan membahas seputar syaraf kejepit, penyebab syaraf kejepit dan gejala nya, kemudian cara menyembuhkan syaraf kejepit secara alami serta obat syaraf kejepit tradisional dari berbagai bahan-bahan herbal alami, semoga info kali ini bisa berguna dan bermanfaat.

SYARAF KEJEPIT / SARAF TERJEPIT

Di sekujur tubuh terdapat berbagai jenis syaraf, mulai dari ujung kepala hingg ujung kaki. Saraf memiliki peranan penting dalam keseimbangan tubuh. Sistem syaraf merupakan kompleks jaringan saraf dan sel-sel bertugas membawa pesan dari dan menuju otak serta sumsum tulang belakang ke seluruh bagian tubuh. Saraf-saraf dalam tubuh manusia ini seperti jalinan kawat elektrik yang membawa informasi dari otak menuju seluruh bagian tubuh dan sebaliknya.

Cara Mengobati Syaraf Kejepit dg Obat Tradisional

Dengan adanya syaraf tubuh dapat merasakan kontan atau pesan yang terkena tubuh kemudian di respon oleh otak, contohnya ketika bersentuhan dengan benda, mencium bau dan merasakan rasa makanan. Salah satu pusat tempat nya syaraf-syaraf ialah berada di dalam tulang belakang, namun demikian syara yg berada di tulang belakang terkadang sering mangalami gangguan, diantaranya gangguan syaraf kejepit.

Syaraf kejepit termasuk keluhan yg cukup sering dirasakan oleh sebagian masyarakat namun tingkat dari syaraf kejepit tsb bisa ringan dan juga syaraf kejepit tsb bisa tingkatannya berat ( syaraf kejepit kronis ).

Syaraf kejepit dalam dunia medis disebut dengan HNP ( Hernia Nucleus Pulposus ) yaitu sebuah gangguan syaraf yang terjadi dikarenakan ada tekanan pada tulang atau persendian yang berlebihan sehingga syaraf yang berada di sekelilingnya terjepit / kejepit, karena itu masyarakat umumnya menyebut dengan syaraf kejepit.

Syaraf kejepit memang umunya sering terjadi pada tulang belakang ( punggung ), dan syaraf kejepit yg tersing terjadi sekitar 90 % terjadi pada tulang belakang bawah ( punggung bawah / pinggang ) kondisi ini dalam dunia medis disebut dengan HNP Lumbalis. Sedangkan syaraf kejepit yg terjadi pada tulang belakang atas ( sekitar leher ) terjadi hanya sekitar 8 % cukup jarang terjadi.

Apa penyebab syaraf kejepit ??

Penyebab syaraf kejepit ( HNP ) bisa terjadi disebabkan oleh berbagai faktor penyebab, berikut beberapa faktor penyebab terjadinya syaraf kejepit ( HNP ), seperti :
  • Faktor kegiatan rutinitas, aktifitas tertentu bisa menyebabkan syaraf kejepit, seperti kegitan yang terus berulang-ulang, para olah ragawan, ketika berolah raga ataupun ketika beraktifitas biasa.
  • Faktor usia, karena usia yang sudah mulai tua, organ tubuh pun ikut mengalami penuaan / penurunan termasuk di dalamnya tulang dan persendian sehingga ketika melakukan kegiatan aktifitas terkadang menyebabkan beberapa syaraf nya terjepit / kejepit.
  • Cidera, cidera bisa menyebabkan syaraf kejepit baik itu ketika beraktifitas sehari-hari, berolah raga, ataupun lainnya yang menyebabkan syaraf nya kejepit.
  • Faktor keturunan, menurut para ahli kesehatan bahwa jika seseorang memiliki riwayat keluarga mengalami penyakit syaraf kejepit memiliki resiko untuk mengalami penyakit syaraf kejepit juga.
  • Kegemukan ( obesitas ), orang dengan badan obesitas memiliki resiko mengalami penyakit syaraf kejepit.
  • Faktor resiko lainnya seperti merokok, batuk yang terlalu lama, cara duduk yang salah, menyetir terlalu sering, cara mengangkat barang yang salah, dll.
  • Dan beberapa penyebab-peneyabab lainnya yang menyebabkan syaraf kejepit.

Gejala Syaraf Kejepit

Gejala klinis syaraf kejepit ( HNP ) berbeda-beda tergantung lokasinya. Syaraf kejepit di daerah leher biasanya menimbulkan gejala berupa nyeri saat leher digerakkan, nyeri leher di dekat telinga atau di sekitar tulang belikat, dan nyeri yang menjalar ke arah bahu, lengan atas, lengan bawah dan jari-jari. Selain nyeri, juga dapat ditemukan rasa kesemutan dan tebal di daerah yang kurang lebih sama dengan rasa nyeri tersebut.

Gejala syaraf kejepit jika terjadi di daerah punggung bawah ( HNP Lumbalis ), gejala nya seperti rasa nyeri terasa di daerah pinggang, pantat dan menjalar ke arah betis dan kaki. Seringkali juga terasa sensasi kesemutan dan kebas pada salah satu atau kedua tungkai bawah.

Gejala-gejala syaraf kejepit tersebut biasanya timbul perlahan-lahan dan semakin terasa hebat jika duduk atau berdiri dalam waktu lama, pada waktu malam hari, setelah berjalan beberapa saat, pada saat batuk atau bersin, serta ketika punggung dibungkukkan ke arah depan. Gejala klinis syaraf kejepit pada setiap orang berbeda-beda tergantung pada lokasi dan tingkatannya.

Bagaimana cara membedakan nyeri pinggang / nyeri punggung bawah akibat syaraf kejepit ??

Nyeri pinggang / nyeri punggung bawah akibat syaraf kejepit memiliki ciri yg cukup signifikan, nyeri akibat syaraf kejepit ( HNP ) rasanya lebih menggigit, terasa seperti terbakar atau seperti terkena sengatan listrik.

Dirasakan menjalar ke bagian bawah dan jika lebih parah lagi akan terasa nyerinya dari belakang paha menyebar ke bagian bawah hingga betis pada satu sisi. Nyeri dapat timbul setiap saat tidak terbatas apakah sedang beraktifitas atau lagi istirahat.

Apakah syaraf kejepit itu berbahaya ??

Walaupun terkadang memang banyak orang mengganggap sepele masalah syaraf kejepit, sebenarnya itu adalah salah besar, syaraf kejepit jika dibiarkan lalu syaraf kejepit tersebut menjadi parah ( penyakit syaraf kejepit kronis ) lambat laun akan mengakibatkan kelumpuhan secara permanen, artinya kelumpuhan tersebut tidak langsung terjadi tetapi secara perlahan-lahan dalam beberapa waktu syaraf kejepit akan melumpuhkannya ( tidak bisa bergerak ), tidak hanya itu saja masalah seksualitas pun akan terganggu akibat dari syaraf kejepit ini.

Seperti yg dijelaskan oleh Dr. Ridha Dharmajaya, SpBS, Dokter Neurosurgery Spine and Pain Clinic Rumah Sakit Adenin Adenan Medan, menjelaskan masyarakat berpikir kalau bangun tidur atau sedang mengangkat barang tiba-tiba merasa nyeri beranggapan itu karena hipertensi atau gejala penyakit lainnya yang diobati dengan minum obat atau diurut saja, padahal itu akibat dari syaraf kejepit, syaraf kejepit jika dibiarkan dan bisa berakibat kelumpuhan dan hingga gangguan seksual.

Jadi sebebarnya syaraf kejepit bisa membahayakan jika dibiarkan dan terus dibiarkan karena jika syaraf kejepit tsb sudah kronis / parah maka bisa menyebabkan kelumpuhan secara permanen selain juga akan mengalami gangguan seksual.

Oleh karena itu tentu langkah paling baik ialah tidak membiarkan masalah syaraf kejepit dan segera obati syaraf kejepit, jangan tunggu parah, lalu syaraf kejepit menjadi semakin parah dan menimbulkan kelumpuhan .. !!

Cara Mengobati Syaraf Kejepit dg Obat Tradisional


Bagaimana cara mengobati dan menyembuhkan syaraf kejepit ??

Pengobatan syaraf kejepit ( HNP ) akan berbeda tergantung dari tingkat keparahan kondisi syaraf kejepit tsb. Namun, pada umumnya syaraf kejepit ringan yang belum terlalu parah akan membaik dengan terapi konservatif tanpa memerlukan adanya tindakan operasi.

Terapi syaraf kejepit konservatif yang dimaksud adalah dengan :
  • Pemberian obat anti nyeri dan anti radang
  • Fisioterapi, yang bertujuan untuk menguatkan otot-otot di sekitar tulang belakang agar mampu menjaga tulang belakang menjadi lebih stabil sehingga mengurasi iritasi terhadap saraf
  • Kompres hangat untuk membantu mengurangi rasa nyeri

Namun jika terapi konservatif tersebut tidak begitu memberikan hasil yg baik biasanya pengobatan syaraf kejepit selanjutnya akan segera diusulkan untuk dilakukan operasi.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya syaraf kejepit ( HNP ) maupun mengurangi keparahan dari syaraf kejepit tsb, seperti :
  • Hindari mengangkat benda yang beratnya diluar kemampuan
  • Pelajari cara mengangkat benda berat yang benar
  • Olahraga secara teratur
  • Jangan berdiri menggunakan sepatu hak tinggi dengan lama
  • Saat duduk dan berdiri pertahankan postur tubuh yang baik, jangan terlalu membungkuk, miring, maupun condong ke belakang

Obat Syaraf Kejepit Tradisional

Cara Mengobati Syaraf Kejepit dg Obat Tradisional

Mengenai obat untuk syaraf kejepit, berikut ini salah satu ramuan obat tradisional alami untuk mengobati saraf terjepit, yaitu :

Ramuan obat alami 1# Daun Sirsak
Daun sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh baik sebagai jamu kesehatan ataupun obat tradisional alami, saah satu khasaitnya bisa digunakan sebagai obat syaraf kejepit.

Cara Mengobati Syaraf kejepit dengan Ramuan Obat Alami 1#, cara nya :
  • Sediakan daun sirsak secukupnya
  • Rebus daun sirsak dengan air secukupnya lalu rebus hingga matang
  • Lalu di saring dan minum ketika sudah dingin bsai ditambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya.
  • Anjuran Pengobatan : 2 x 1 gelas dalam sehari (pagi dan sore).

Ramuan obat alami 2# Daun Alpukat
Sama halnya dengan daun sirsak, daun alpukat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh baik sebagai jamu kesehatan ataupun obat tradisional alami, diantarnaya bisa digunakan sebagai obat batu ginjal, obat hipertensi, obat sariawan dan juga bisa digunakan sebagai obat syaraf kejepit.

Cara Mengobati syaraf kejepit dengan Ramuan Obat Alami 2#, cara nya :
  • Cara membuatnya pun sama dengan daun sirsak, cukup sediakan daun alpukat secukupnya
  • Rebus daun alpukat dengan air secukupnya lalu rebus hingga matang
  • Lalu di saring dan minum ketika sudah dingin bsai ditambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya.
  • Anjuran Pengobatan : 1 x 1 gelas dalam sehari (pagi dan sore).
  • Catatan : jangan berlebihan mengkonsumsi ramuan dari daun alpukat karena bisa menjadi bersifat toksik ( racun ) dan jika ada efek samping setelah meminum ramuan dari daun alpukat segera hentikan. Ada bebrapa daun alupkat yg memiliki sifat toksik diantaranya daun alpukat jenis guatemala, namun secara umum alpukat yg ada di Indonesia sangat aman di konsumsi, hanya saja waspada sedini mungkin akan lebih baik.

Ramuan obat alami 3# Daun Bakung
Tidak jauh berbeda dengan kedua duan sebelumnya, daun bakung juga memiliki segudang manfaat, diantara khasiatnya seperti digunakan obat anyang anyangan, obat luka, obat limpa bengkak dan juga bisa digunakan sebagai obat syaraf kejepit.

Cara Mengobati syaraf kejepit dengan Ramuan Obat Alami 3#, cara nya :
  • Sediakan daun bakung secukupnya
  • Kemudian panggang di atas api sampai menjadi layu.
  • Setelah layu lumurilah daun tersebut dengan minyak kelapa hingga merata.
  • Tempelkanlah pada bagian yang sakit sewaktu daun daun itu masih hangat-hangat kuku.
  • Ulangi beberapa kali, hingga sakit akibat syaraf kejepit tsb hilang.

Ramuan obat tradisional alami di atas bersumber dari berbagai sumber informasi kesehatan.  Mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan maupun kekurangan. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh, amin..

Demikian sedikit informasi cara mengobati syaraf kejepit dg obat tradisional dai bahan-bahan herbal alami, Sekali lagi kami mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan ataupun kekurangan dan semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna serta semoga Anda yg mengalami syaraf kejepit dapat segera disembuhkan.. Amiin ..

Cara Mengobati Syaraf Kejepit dg Obat Tradisional

0 komentar:

Poskan Komentar