Cara Mengobati Rematik dengan Obat Rematik Tradisional


Cara Mengobati Rematik dengan Obat Rematik Tradisional
Info kali ini akan membahas seputar penyakit rematik, penyebab dan cara mengobati nya serta obat rematik tradisional dari berbagai bahan-bahan herbal alami, semoga info kali ini bisa berguna dan bermanfaat.

Mungkin hampir semua masyarakat kita mengetahui atau paling tidak pernah mendengar dengan istilah penyakit rematik. Terutama bagi orang-orang dewasa tentu mengetahui penyakit rematik. Akan tetapi banyak yg beum negetahui betul apa yg dimaksud penyakit rematik sendiri dan banyak pula yg belum mengetahui apa saja dari bahaya penyakti rematik.

Rematik termasuk keluhan yg cukup sering dialami oleh masyarakat kita, tidak perlu khawatir rematik tidak begitu bahaya jika dibandingkan dengan penyakit lainya seperti penyakit jantung, penyakit paru-paru, diabetes dan sebagainya. Akan tetapi tetap saja penyakit rematik harus segera diobati secepatnya sebelum menjadi snagat kronis / parah.

Rematik atau dalam dunia medis disebut arthritis rheumatoid ( AR ) yaitu sebuah kondisi yang menyebabkan gejala nyeri pada persendian, diikuti dg pembengkakan pd persendian, rasa panas dan gejala lainnya.

Rematik terjadi karena adanya sistem autoimun ( sistem kekebalan tubuh ) yang keliru, sistem kekebalan tubuh seharusnya melindungi semua organ tubuh dari berbagai gangguan seperti dari infeki bakteri, pada penderita rematik justru sebaliknya, sistem kekebalan tubuh malah menyerang organ tubuh yang sehat, terutama pada setiap persendian tubuh akibatnya sendi-sendi terasa sakit / nyeri, sendi menjadi bengkak, dan lain-lain.

Bisa dikatakan penyebab rematik ialah karena sistem autoimun ( sistem kekebalan tubuh ) yang keliru. Yang menjadi penyebab kenapa sistem kekebalan tubuh itu bisa keliru menurut berbagai para ahli kesehatan belum dapat diketahui dengan pasti, ada kemungkinan faktor keturunan dan beberapa penyakit tertentu yang memiliki resiko terkena rematik, seperti Sindrom Sjogren, lupus dan sebagainya.

Secara umum gejala gejala yang ditimbulkan dari penyakit rematik ialah keluhan-keluhan yang terasa pada persendian tubuh, seperti :
  • Terasa sakit / nyeri di persendian.
  • Sendi terasa kaku, terutama pada pagi hari atau setelah lama tidak digerakkan
  • Sendi menjadi bengkak karena cairan yang menumpuk
  • Sendi menjadi terlihat memerah dan terasa panas
  • Dan beberapa keluhan lainnya yg terasa pada persendian
Penyakit usus buntu bukanlah penyakit yg begitu berbahaya jika dibandingkan dengan penyakit jantung, diabetes dan sebagainya, tetpai rematik tidak bisa disepelakan, karena jika penyakit rematik sudah kronis / parah maka bisa menyebabkan kelumpuhan secara permanen.

Ahli rheumatologi dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, dr. Andry Reza Rahmadi, SpPD, M.Kes menjelaskan rematik sendiri disebabkan oleh imun yang menyerang kembali bagian tubuh normal, biasanya menghasilkan zat IL-6 atau penanda nyeri nya cukup tinggi. "IL-6 ini dihasilkan oleh sel darah putih. Harusnya sel darah putih menyerang yang jahat, mereka malah balik menyerang bagian tubuh yang sehat dan normal,"

Kemudian beliau melanjutkan penjelasannya bahwa jika rematik tidak segera ditangani, rasa nyeri pada sendi bisa semakin parah dan menganggu kehidupan pasien. "Bahkan bisa lumpuh".

Pengobatan untuk penyakit rematik biasanya cukup dengan pemberian obat rematik yg di resepkan dokter, beberapa obat rematik tersebut seperti :
  • Obat pereda nyeri dan bengkak (NSAID), misal: meloxicam
  • Kortikosteroid, misal: prednison
  • Hidroksiklorokuin
  • Metotreksat
Namun sayang karena obat rematik tersebut adalah obat kimiawi sehingga sering menimbulkan efek samping negatif, seperti :
  • Tukak lambung ( luka pada lambung )
  • Pendarahan saluran cerna
  • Gangguan ginjal
  • Osteoporosis ( tulang menjadi rapuh )
  • Kencing manis, dll.
Selain pengobatan rematik dengan mengkonsumsi obat rematik, ada beberapa tips untuk bagi yang menderita rematik agar rematik tidak semaki parah seperti :
  • Berolah raga teratur, misalnya: berenang, taichi, bersepeda, yoga, berjalan kaki/ jogging, peregangan. Konsutasikan dengan dokter olah raga yang terbaik sesuai kondisi.
  • Konsumsi makanan dengan diet seimbang: daging merah dibatasi, banyak sayur, buah, dan ikan
  • Menghindari makanan tinggi purin, misalnya alkohol, makanan kaleng seperti sarden,
Nahh, karena obat rematik yg biasa di resepkan dokter sering menimbulkan efek samping negatif maka bisa Anda coba mengkonsumsi obat rematik tradisional dari berbagai bahan-bahan alami. Mengenai obat untuk rematik yg alami, berikut ini salah satu ramuan obat alami untuk mengobati rematik, yaitu :

Cara Mengobati Rematik dengan Obat Rematik Tradisional
Akar Pepaya Gantung
Rmuan obat ini lebih dikhususkan untuk penyakit rematik, cara nya yaitu dengan menyediakan 5 potong akar pepaya. Kemudian cuci hingga bersih, untuk ukurannya yaitu sekitar jari. Setelah itu, potong kecil-kecil dan tambahkan 3 sendok makan lengkuas yang sudah dihaluskan.

Rebus bahan-bahan tersebut dengan menggunakan 4 gelas air, rebus hingga yang tersisa yaitu sekitar 3 gelas. Tambahkan pula gula aren, sedikit saja. Ramuan obat rematik ini dapat diminum sehari 3 kali dan dalam sekali minum yaitu sekitar setengah gelas.

Cara Mengobati Rematik dengan Obat Rematik Tradisional
Jahe
Jahe memang memiliki banyak manfaat, obat herbal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan. Berbagai keluhan bisa diatasi dengan jahe, selain itu jahe bisa digunakan sebagai obat tradisional rematik dan asam urat. Cara mengobati rematik dengan obat rematik tradisional, caranya :
  • Sediakan jahe sebanyak 2 ibu jari
  • Potong-potong dan sedikit diremukan
  • Rebus jahe yang sudah diremukkan tersebut dengan menggunakan air 1 gelas dan juga sedikit gula dan jika ada tambahkan sedikit madu murni.
  • Anjuran Pengobatan untuk reamatik : 1 x 1 gelas dalam sehari lakukan ruitn hingga rematik sembuh.
Cara Mengobati Rematik dengan Obat Rematik Tradisional
Cengkeh
Rempah-rempah satu ini selain sangat terkenal dalam berbagai menu masakan, ternyata memiliki berbagai khasit untuk pengobatan penyakit, salah satu khasiatnya untuk pengobatan rematik dan juga bisa digunakan pada pengobatan asam urat. Cara mengobati rematik dengan obat rematik tradisional, caranya :
  • Sedikan cengkeh dan jahe secukupnya
  • Tumbuk kedua bahan tersebut sampai hancur
  • Ramuan obat rematik ini hanya digunakan untuk bagian luarnya saja, di bagian yang terasa sakit.
  • Oleskan ramuan obat ini secara rutin agar hasilnya maksimal.
Cara Mengobati Rematik dengan Obat Rematik Tradisional
Kumis Kucing dan Meniran
Obat tradisonal yang terakhir adalah kumis kucing dan meniran. Kedua tumbuhan tersebut memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit rematikt. Diantaranya adalah kalium, damar, tanin, filatin, hipofilatin dan flavonoid.  Cara mengobati rematik dengan obat rematik tradisional, caranya :
  • Sedikan 5 lembar daun kumis kucing dan 5 ranting kecil meniran
  • Setelah itu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya.
  • Meminum ramuan obat rematik tersebut 2 kali sehari.
Itulah beberapa bahan alami yg bisa dijadikan sebagai obat rematik tradisional, bahan-bahan alami di atas bersumber dari berbagai sumber informasi kesehatan. Mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan maupun kekurangan. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh, amin..

Demikian sedikit informasi cara mengobati rematik dengan obat rematik tradisional dari bahan-bahan herbal alami, Sekali lagi kami mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan ataupun kekurangan dan semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna serta semoga Anda yg mengalami keluhan penyakit rematik dapat segera disembuhkan. Amiin ..