Cara Mengobati Penyakit Usus Buntu dg Obat Usus Buntu Tradisional


Cara Mengobati Penyakit Usus Buntu dg Obat Usus Buntu Tradisional
Info kali ini akan membahas seputar penyakit usus buntu, penyebab dan cara mengobati penyakit usus buntu dg obat usus buntu tradisional dari berbagai bahan-bahan herbal alami, semoga info kali ini bisa berguna dan bermanfaat.

Mengobati penyakit usus buntu bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dilakukan dengan diperiksakan ke dokter atau dengan menggunakan cara tradisional dan alami. Cara mengobati penyakit usus buntu dg obat usus buntu tradisional menjadi salah satu pilihan atau solusi alternatif. Yang dimaksud pengobatan usus buntu tradisional di sini ialah dengan menggunakan berbagai bahan-bahan alami yang tentunya berkhasiat mengobati penyakit usus buntu secara alami.

Penyakit usus buntu termasuk juga keluhan penyakit yg cukup sering dialami oleh sebagian masyarakat. Penyakit usus buntu tidak mengenal usia mulai dari anak anak hingga dewasa bisa mengalami keluhan penyakit usus buntu.

Di dalam tubuh terdapat organ usus yg fungsinya untuk mencerna makanan, usus di mulai dari lambung hingga anus, organ usus sendiri terbagi menjadi beberapa bagian yaitu usus kecil ( usus halus ), usus besar dan usus buntu.

Usus dalam beberapa kondisi tertentu bisa mengalami gangguan baik itu pada usus besar, usus kecil ataupun pada usus buntu. Gangguan usus pada pembahasan kali ini ialah gangguan usus buntu / penyakit usus buntu.

Usus buntu adalah organ berbentuk tabung kecil dan tipis berukuran 5-10 cm terhubung di usus besar ( tempat tinja terbentuk ). Menurut para ahli kesehatan menyebutkan bahwa usus buntu belum diketahui secara psti apa fungsi yg sebenarnya karena jika saja usus buntu ini di buang maka tidak akan mengganggu kesehatan tubuh.

Penyakit usus buntu ( radang usus buntu ) dalam dunia medis disebut dengan apenditis adalah kodisi klinis yang membuat usus buntu mengalami peradangan sehingga menimbulkan berbagai gejala klinis akibat radang usus buntu tersebut.

Usus buntu mengalami peradangan atau pembengkakan akibat berbagai faktor penyebab yang mempengaruhinya, seperti infeksi virus / bakteri pada kelenjar getah bening di dekat bagian usus buntu ( virus / bakteri bisa berjenis apa saja ) dan tumpukan tinja yang menutupi pintu usus buntu hingga usus buntu mengalami peradangan.

Ada beberapa faktor yg bisa menjadi penyebab penyakit usus buntu, namuan faktor-faktor penyabab usus buntu menurut pada ahli kesehatan masih tidak bisa dipastikan. Hanya saja perkiraan penyebab penyakit usus buntu disebabkan karena pintu masuk usus buntu tertutup sehingga mengalami peradangan, akibat peradangan itulah yg membuat penyakit usus buntu.

Nahh, yg menjadi penyebab pintu masuk usus buntu tertutup dan mengalami peradangan ( penyakit usus buntu )diperkirakan penyebab nya 2 faktor, antara lain :
  1. Pintu masuk usus buntu tertutup oleh tinja yang ada di dalam usus besar.
  2. Akibat kelenjar getah bening di dalam usus buntu yg terinfeksi bakteri ataupun virus sehingga menutup pintu masuk usus buntu.
Gangguan yg terjadi pada usus besar ( seperti susah BAB / konstipasi ) lalu tinja bertumpuk dan pintu masuk usus buntu bisa menyebabkan peradangan pada usus buntu dengan kata lain menyebabkan penyakit usus buntu. Infeksi yg terjadi pada kelenjar getah bening yg ada di dalam usus buntu bisa membuat pintu masuk usus buntu tertutup hingga mengalami peradangan dan menyebabkan penyakit usus buntu.

Pada umumnya gejala penyakit usus buntu diawali dengan timbulnya rasa sakit perut dibagian tengah, rasa sakit itu akan datang dan pergi. Setelah itu tidak lama kemudian, rasa sakit akan berpindah ke perut kanan bawah ( tempat usus buntu berada ) sebelum akhirnya bertambah parah dan terus menerus terasa sakit.

Secara umum berikut gejala gejala penyakit usus buntu yg sering dirasakan seperti :
  • Sakit perut, terutama dimulai di sekitar pusar dan bergerak ke samping kanan bawah.
  • Perut bengkak.
  • Keram pada perut.
  • Nafsu makan menurun.
  • Mual dan muntah.
  • Diare, konstipasi (sembelit), atau sering buang angin.
  • Demam rendah setelah gejala lain muncul.
Penyakit usus buntu bukanlah penyakit yg bisa disepelakan, karena usus buntu yg mengalami peradangan dan terus dibiarkan tanpa melakukan pengobatan maka sangat beresiko sekali usus buntu itu pecah di dalam tubuh.

Pecahnya usus buntu inilah yg sangat berbahaya,  jika seandainya itu terjadi maka zat-zat yang ada di dalam usus buntu akan mengganggu pada organ lain di dalam tubuh, bahkan dalam beberapa kasus pecahnya usus buntu bisa mengakibat kematian.

Pengobatan untuk penyakit usus buntu jika masih dalam tahap ringan ( belum parah ) biasanya cukup dengan pemberian obat obatan. Tetapi jika sudah parah terpaksa harus dilakukan dengan tindakan operasi apandektomi, yaitu operasi pengangkatan usus buntu, organ usus buntu dipaksa harus di potong dan dibuang dari tubuh.

Ada dua metode operasi apendektomi yang biasanya dialkukan pada pengobatan penyakit usus buntu, yaitu :
  1. Operasi dengan lubang kecil ( laparoskopi ). Operasi laparoskopi ini merupakan metode yang paling sering dilakukan pada pengobatan usus buntu karena bekas luka biasanya sembuh lebih cepat. Pada prosedur operasi ini, ada 3-4 sayatan kecil di perut untuk memasukkan alat operasi. 
  2. Teknik operasi usus buntu kedua adalah bedah terbuka. Pembedahan biasanya dilakukan dengan membuat irisan panjang di perut bagian kanan bawah. Operasi ini dilakukan jika usus buntu sudah pecah atau peritonitis sudah menyebar.
Pengobatan tradisional pun bisa dilakukan sebagai alternatif pengobatan usus buntu. Mengobati usus buntu secara alami dan tradisional menjadi salah satu pengobatan warisan yang biasa digunakan oleh masyarakat kita. Maksud dari mengobati usus buntu secara tradisional ialah dengan menggunakan berbagai bahan-bahan alami yang memang dipercaya bisa digunakan menjadi obat usus buntu tradisional. Mengenai obat untuk penyakit usus buntu tradisional yang alami, berikut ini salah satu ramuannya, yaitu :

Cara Mengobati Penyakit Usus Buntu dg Obat Usus Buntu Tradisional
Daun Sirsak
Daun sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh baik sebagai jamu kesehatan ataupun obat tradisional alami, salah satu khasaitnya bisa digunakan sebagai obat usus buntu. Cara mengobati penyakit usus buntu dg obat usus buntu tradisional caranya sangat mudah dan tidak perlu repot-repot langkahnya berikut ini :
  • Sediakan daun sirsak secukupnya
  • Rebus daun sirsak dengan air secukupnya lalu rebus hingga matang
  • Lalu di saring dan minum ketika sudah dingin bsai ditambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya.
  • Anjuran Pengobatan untuk usus buntu : 2 x 1 gelas dalam sehari (pagi dan sore).
Kunyit
Cara Mengobati Penyakit Usus Buntu dg Obat Usus Buntu TradisionalBahan alami berikutnya yang bisa diracik menjadi obat usus buntu tradisional ialah kunyit. Kunyit merupakan salah satu pengobatan alternatif alami terbaik yang sering digunakan untuk mengobati radang usus buntu. Kunyit diklaim dapat mengurangi peradangan usus buntu dan meredakan rasa sakit. Mengolah kunyit menjadi obat usus buntu tradisional juga tidak begitu sulit hampir sama dengan cara mengolah daun sirsak, berikut langkah-langkahnya :
  • Sediakan bubuk kunyit, biasanya sudah tersedia dalam kemasan
  • Dan sediakan segelas susu panas.
  • Buat segelas susu panas lalu bubuk kunyit dicampurkan ke dalam susu panas tsb, tunggu hingga hangat lalu minum.
  • Anjuran Pengobatan untuk usus buntu : 2 x 1 gelas dalam sehari (pagi dan sore).
Daun Sambiloto, Kumis Kucing dan Rambut Jagung
Cara Mengobati Penyakit Usus Buntu dg Obat Usus Buntu TradisionalDaun sambiloto, kumis kucing dan rambut jagung termasuk bahan-bahan alami yg bisa diracik menjadi berbagai obat tradisional, banyak sekali manfaat dari ke tiga bahan alami tersebut, salah satunya bisa digunkan menjadi ramuan obat usus buntu tradisional. Cara mengobati penyakit usus buntu dg obat usus buntu tradisional dari daun sambiloto, kumis kucing dan rambut jangung, caranya yaitu :
  • Sedikan Daun sambiloto segar 30 gram atau daun sambiloto kering 15 gram
  • Sediakan juga daun kumis kucing dan Rambut Jagung secukupnya
  • Semua bahan tsb direbus dengan air 1 liter, sisakan setengah liter.
  • Saring kemudian minum airnya.
  • Anjuran Pengobatan untuk usus buntu : 2 x 1 gelas dalam sehari (pagi dan sore).
Daun Mint
Cara Mengobati Penyakit Usus Buntu dg Obat Usus Buntu TradisionalDaun mint juga bisa digunakan sebagai obat usus buntu tradisional karena khasiatnya dapat membuang gas berlebih di usus dan dapat mengurangi rasa sakit. Cara mengobati penyakit usus buntu dengan daun mint caranya sangat mudah sekali cukup mengkonsumsi 2-3 daun mint dipercaya efektif membantu mengurangi gejala penyakit usus buntu. Atau bisa juga mengolahnya menjadi berbagai olahan seperti jus, menjadi aneka minuman ataupun menjadi lalap makan.

Masih banyak lagi bahan-bahan herbal alami lainnya yang juga berkhasiat mengobati penyakit usus buntu. Namun perlu diperhatikan kembali tentu pengobatan terbaik yang perlu dilakukan ialah dengan diperiksakan dulu ke dokter agar bisa mendapat penanganan yang lebih tepat.

Demikian informasi cara mengobati penyakit usus buntu dg obat usus buntu tradisional dan alami, semoga bermanfaat dan berguna.

Perlu diperhatikan kembali jika keluhan penyakit usus buntu itu dari hari ke hari semakin memburuk, disarankan untuk segera diperiksakan ke dokter atau klinik terdekat dan jangan sampai menunggu parah.