Cara Mengobati BAB Berdarah dengan Cepat Secara Alami

Cara Mengobati BAB Berdarah dengan Cepat Secara Alami
Buang air besar ( BAB ) berdarah atau berak berdarah adalah sebuah kondisi dimana saluran pencernaan mengalami gangguan sehingga menimbulkan sebuah gejala BAB atau feses yang disertai percikan darah atau berdarah. Saluran pencernaan tersebut memiliki berbagai jenis organ mulai dari kerongkongan ( esofagus ), lambung, usus hingga anus ( tempat keluarnya kotoran / feses ).

Siapa saja yang mengalami bab berdarah, kebetulan pada pembahasan kali ini akan membahas bagaimana cara mengobati bab berdarah dengan cepat secara alami. Ramuan obat bab berdarah tradisional bisa menjadi solusi pengobatannya. Namun demikian pemeriksaan secara medis ke dokter terdekat lebih sangat disarankan agar mandapat pengobatan yang lebih tepat.

BAB berdarah bisa dialami oleh siapa saja baik pria ataupun wanita, dan sebetulnya bab berdarah ini bukan termasuk keluhan yang berbahaya kecuali dalam kondisi tertentu. BAB berdarah secara umum memiliki 2 ciri-ciri atau tanda-tanda, yaitu :
  1. BAB berdarah dengan ciri ketika BAB meneteskan darah segar, yang menjadi penyebab BAB berdarah seperti itu adalah gangguan pada saluran cerna bagian bawah seperti wasir ( hemoroid ), luka pada usus besar, tumor usus besar dan sebagainya.
  2. BAB berdarah dengan ciri kotoran / feses berwarna merah kehitaman seperti kopi dan kadang disertai muntah darah, yang menjadi penyebab BAB berdarah seperti ini ialah gangguan pada saluran cerna bagian atas seperti pembuluh darah esofagus pecah ( varises esofagus ), luka di lambung ( ulcum peptikum, gastris ) dan penyakit lainnya.
Penyebab bab berdarah pun bisa beragam, namun secara umum penyebab bab berdarah bisa dikelompokan menjadi 2 jenis bagian, yaitu :
  1. Pendarahan di bagian saluran cerna atas mulai dari kerongkongan (esofagus), lambung dan usus 12 jari (duodenum). Ciri-ciri saluran cerna atas yang berdarah BAB / feses berwarna kehitaman seperti kopi dan kadang disertai muntah darah merah segar. Penyakit yang sering menjadi penyebabnya antara lain pecah pembuluh darah di esofagus (varises esofagus), luka di lambung (ulcus peptikum, gastritis), dan lain-lain.
  2. Pendarahan di bagian saluran cerna bawah mulai dari usus besar sampai anus. Ciri-ciri perdarahan pada saluran cerna bawah ini adalah BAB berdarah merah segar, kadang darah sampai menetes. Penyakit yang sering menjadi penyebabnya antara lain wasir/ambeien/hemmorhoid, infeksi/ radang usus besar, luka pada dinding usus besar akibat adanya divertikel, tumor pada usus besar, dan lain-lain.

Cara mengobati bab berdarah bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dilakukan dengan diperiksakan ke dokter atau dengan menggunakan cara tradisional dan alami. Cara mengobati bab berdarah secara alami menjadi pilihan atau solusi alternatif. Yang dimaksud pengobatan bab berdarah secara tradisional ialah dengan menggunakan berbagai bahan-bahan alami yang tentunya berkhasiat mengobati bab berdarah.

Obat bab berdarah pun beragam, di warung-warung atau di apotik-apotik sudah banyak yang menjual obat bab berdarah dengan berbagai macam merk. Ada sebagian juga obat bab berdarah ini dibuat sendiri dan diramu oleh sendiri.

Cara mengobati bab berdarah dengan cepat secara alami bisa dicoba mengunakan bahan-bahan alami berikut :

Cara Mengobati BAB Berdarah dengan Cepat Secara Alami
Tepung Sagu dan Gula Jawa
Tepung sagu bisa didapatkan di warung-warung atau minimarket-minimarket terdekat. Tepung sagu bukan hal yang asing dan memang sudah banyak yang memanfaatkan tepung sagu untuk di olah menjadi berbagai aneka makanan. Ternyata selain itu tepung sagu juga bisa diolah menjadi obat bab berdarah.

Membuat obat bab berdarah dari olahan tepung sagu dan gula jawa, pertama-tama ambil dulu 2 sendok makan tepung sagu aren (bukan sagu singkong, bukan sagu ubi) dan 2 sendok teh penuh gula jawa / gula semut. Lalu ambil juga garam sepucuk sendok untuk penyeimbang rasa dan air matang hangat setengah gelas. Setelah itu campurkan semua bahan pada gelas dan aduk hingga merata, lalu minum sehari 3(tiga) kali.

Cara Mengobati BAB Berdarah dengan Cepat Secara Alami
Lidah buaya
Pastinya sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini yaitu lidah buaya. Memang benar tanaman satu ini memiliki beragam manfaat salah satunya bisa ramu menjadi obat bab berdarah. Cara mengobati bab berdarah secara alami lainnya bisa dicoba menggunakan lidah buaya.

Cara meramunya pertama kupas setengah batang lidah buaya lalu parut lalu campurkan dengan setengah gelas air matang dan saring. Hasil saringan dicampurkan dengan 2 sendok makan madu dan jadilah obat bab berdarah dari tanaman lidah buaya. Minum ramuan obat bab berdarah alami ini 3 kali sehari secara rutin hingga sembuh.

Cara Mengobati BAB Berdarah dengan Cepat Secara Alami
Tangkai Terong Dan Daun Wungu
Ramuan obat dari tangkai terong dan daun wungu juga bisa menjadi salah satu solusi alternatif mengobati bab berdarah secara alami. Jika di rumah kebetulan ada tankai terong dan daun wungu bisa dicoba meracik ke dua tanaman tersebut untuk dijadikan obat bab berdarah tradisional.

Cara meramunya pun cukup mudah, campur 30 gr daun wungu dan 30gr tangkai terong kering pada air 600 cc lalu rebus hingga tersisa air 200cc dan saring air rebusan tersebut. Untuk pengobatan bab berdarah minum secara teratur setiap harinya sampai bab berdarah itu sembuh.

Masih banyak lagi tanaman-tanaman herbal alami lainnya yang jug baisa dijadikan obat bab berdarah tradisional dan alami. Namun perlu diperhatikan kembali tentu pengobatan terbaik yang perlu dilakukan ialah dengan dipriksakan dulu ke dokter agar bisa mendapat penanganan yang lebih tepat.

Dan tentunya keluhan bab berdarah harus segera mendapat penanganan yang tepat apalagi jika sudah parah. Alangkah baiknya tidak membiarkan keluhan bab berdarah menjadi parah dan semakin parah. Demikian informasi cara mengobati bab berdarah dengan cepat secara alami, semoga berguna.