Cara Mengobati Sakit Payudara & Bengkak dg Obat Tradisional


Cara Mengobati Sakit Payudara & Bengkak dg Obat Tradisional
Info kali ini akan membahas seputar nyeri / sakit payudara sebelah kanan ataupun sebelah kiri, penyebab dan cara mengobati nya serta obat sakit payudara tradisional dari berbagai bahan-bahan herbal alami, semoga info kali ini bisa berguna dan bermanfaat.
Bagi sebagian wanita mungkin pernah mengalami masalah pada payudara nya baik itu rasa sakit / nyeri, bengkak, ada benjolan ataupun keluhan lainnya. salah satu yg cukup sering dialami pada payudara wanita ialah sakit payudara dan bengkak pada payudara.

Tidak perlu cemas dulu jika mengalama keluhan sakit ataupun bengkak pada payudara, ketahui lebih lanjut mengenai penyebab-penyebab yg bisa menimbulkan sakit pada payudara.

Penyebab nyeri / sakit pada payudara bisa terjadi disebabkan oleh berbagai faktor penyebab, berikut beberapa faktor penyebab yg bisa menimbulkan sakit payudara, seperti :

Sering memakai bra tidak sesuai ukuran bisa menimbulkan sakit pada payudara
Hati-hati jika Anda Sering memakai ukuran bra yg lebih kecil dan ketat agar payudara terlihat lebih berisi dan seksi. ukuran bra yg salah dapat menyebabkan masalah serius pada payudara. Jika bra terlalu kencang atau ukuran cup terlalu kecil, kawat bra akan memberi tekanan pada payudara seharian. Salah satu kebiasaan seperti bisa menyebabkan payudara menimbulkan rasa nyeri. Begitupun jika ukuran bra terlalu besar, setiap gerakan naik turun bisa menimbukan nyeri / sakit pada payudara.

Pre Menstrual Syndrome ( Sindrom Pra Menstruasi )
Pre Menstrual Syndrome adalah perubahan hormon menjelang periode menstruasi, penyebab umum sakit pada payudara ialah karena pre menstrual syndrom. Jenis nyeri pada payudara ini disebut dengan nyeri siklus, karena berhubungan dengan siklus menstruasi.

Penyebab payudara sakit bisa disebabkan oleh benjolan / kista pada payudara ( kista fibroadenoma / fam )
Jika Anda mengalami sakit payudara yg kebetulan ada benjolan teraba pada payudara tsb, jika seperti itu mungkin disebabkan oleh kista pada payudara. Kista tsb terbentuk karena adanya perubahan hormon wanita pada tubuhnya sehingga menimbulkan berbagai keluhan seperti nyeri / sakit pada payudara dan disertai dg adanya bejolan pada payudara tsb.

Abses payudara juga bisa menjadi penyebab nyeri / sakit pada payudara
Abses payudara adalah peradangan ( bengkak, merah ) dan akumulasi nanah pada payudara yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya pada payudara akan muncul abses ( benjolan kecil seperti bisul ) dg bentuk kemerahan dan mengeluarkan nanah.

Mastitis bisa menyebabkan sakit / nyeri pada payudara namun biasanya terjadi pada ibu menyusui.
Mastitis adalah kondisi jaringan payudara yang mengalami peradangan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau saluran ASI tersumbat. Mastitis lebih sering dialami oleh ibu yg sedang menyusui dan sangat jarang terjadi pada wanita yg tidka sedang menyusui.

Cedera di sekitar payudara
Terjatuh, terbentur, terhantam ataupun kondisi lainnya yg membuat cedera pada apayudara bisa menyebabkan sakit pada payudara tsb.

Dan beberapa penyebab-penyebab lainnya yang bisa menyebabkan sakit pada payudara.

Itulah beberapa penyebab yg bisa menimbulkan keluha nyeri / sakit dan bengkak pada payudara. Sebenarnya tidak perlu terlalu cemas jika mengalami sakit / nyeri pada payudara, namun ada beberapa keluhan gejala pada payudara yg harus di waspadai seperti :
  • Perubahan bentuk dan ukuran payudara yg begitu signifikan
  • Keluarnya cairan dari puting payudara
  • Kemerahan dan terasa hangat pada daerah payudara
  • Struktur kulit di payudara berubah
  • Terdapat benjolan yang keras, dan tidak bisa digerakkan
  • Terdapat benjolan yang makin membesar
Gejala-gejala yg dituliskan di atas adalah gejala dari kanker payudara, jika Anda mengalami gejala-gejala tsb secepatnya Anda periksakan ke dokter karena ditakutkan itu adalah gejala awal dari kanker payudara. Tetapi jika Anda hanya mengalami nyeri / sakit payudara saja ataupun disertai dg adanya benjolan tetapi benjolannya lunak ( tidak keras ) Anda tidak perlu khawatir gejala tsb bukan gejala yg sangat perlu diwaspadai.

Keluhan seperti nyeri / sakit, bengkak atau ada benjolan lunak pada payudara itu bukan lah gejala yg terlalu serius selama tidak ada gejala seperti yg dijelaskan tadi, kami ulangi lagi gejala seperti :
  • Perubahan bentuk dan ukuran payudara yg begitu signifikan
  • Keluarnya cairan dari puting payudara
  • Kemerahan dan terasa hangat pada daerah payudara
  • Struktur kulit di payudara berubah
  • Terdapat benjolan yang keras, dan tidak bisa digerakkan
  • Terdapat benjolan yang makin membesar
Anda tidak perlu begitu cemas karena tidak begitu membahayakan, tetapi jika disertai dg gejala seperti yg ditulis diatas sangat perlu Anda waspadai karena gejala tsb adalah gejala dari kanker payudara yg sangat berbahaya.

Namun demikian apapun juga jika mengalai keluhan gangguan pada payudara seperti sakit pada payudara tentu alangkah baiknya tidak membiarkannya dan sudah barang tentu lebih diobati secepatnya .. !!

Pengobatan sakit pada payduara berbeda-beda tergantung dari apa yg menjadi penyebab utamanya, selain melakukan pengobatan ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah agar sakit payudara tidak semakin parah, seperti :
  • Gunakan ukuran bra yang sesuai. Jangan terlalu ketat
  • Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan yang digoreng, makanan yang terbuat dari keju
  • Hindari konsumsi alkohol dan rokok
  • Anda dapat melakukan kompres dengan air dingin pada daerah payudara yang nyeri
  • Lakukan pemeriksaan payudara sendiri ( SADARI ) di depan kaca setiap habis mandi
  • Istirahat cukup
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Mengenai obat untuk sakit payudara, berikut ini salah satu ramuan obat alami untuk mengobati sakit payudara, yaitu :

Cara Mengobati Sakit Payudara & Bengkak dg Obat Tradisional
Kedelai
Kedelai banyak mengandung daidzein dan genistein. Penelitian menunjukkan, dua senyawa ini dapat mengurangi berbagai keluhan pada pyudara sehingga bisa digunakan juga menjadi obat untuk sakit payudara secara tradisional.

Studi menunjukkan bahwa kedelai dapat membantu meringankan efek samping menopause, termasuk osteoporosis dan penyakit jantung. Sebuah penelitian terhadap 9.514 penderita kanker payudara menemukan bahwa konsumsi kedelai membantu mencegah kekambuhan tumor.

Cara Mengobati Sakit Payudara & Bengkak dg Obat Tradisional
Ekstrak gandum
Ekstrak gandum telah terbukti mengurangi berbagai gejala PMS ( Pre Menstrual Syndromm ), terutama nyeri payudara. Ada satu studi yang diikuti oleh 100 wanita yang diagnosis mengalami PMS selama dua siklus berturut-turut.

Para relawan wanita dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima 400 mg ekstrak gandum, dan kelompok kedua menerima plasebo. Terbukti, ekstrak gandum mengurangi gejala fisik PMS sampai dengan 63,6 persen, gejala psikologis 66,3 persen dan gejala PMS umum 65 persen. Dg rutin mengkonsumsi ektrak gandum bisa menjadi terapi obat sakit payudara secara alami.

Cara Mengobati Sakit Payudara & Bengkak dg Obat Tradisional
Bluberi
Bluberi telah terbukti mampu menurunkan pertumbuhan sel tumor payudara yg bisa menjadi salah satu penyebab sakit payudara. Makan enam ons bluberi atau jenis buah beri lainnya setiap hari, bermanfaat sekali untuk melawan kanker payudara.

Cara Mengobati Sakit Payudara & Bengkak dg Obat Tradisional
Labu
Labu mengandung banyak beta-karoten. Beta-karoten adalah pigmen pemberi warna oranye terang atau merah pada sayuran dan buah. Zat ini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya benjolan yang muncul dan berbagai keluhan lainnya pada pyudara seperti rasa nyeri / sakit.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan seperti labu, yang kaya beta-karoten, memiliki efek positif pada kesehatan payudara. Oleh karena sangat cocok sekali labu dijadikan sebagai obat untuk sakit payudara yg alami bebas kimiawi.

Itulah beberapa bahan alami yg bisa dijadikan sebagai obat sakit payduara tradisional, bahan-bahan alami di atas bersumber dari berbagai sumber informasi kesehatan. Mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan maupun kekurangan. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh, amin..