Cara Menghilangkan Benjolan di Anus dengan Cepat Secara Alami


Cara Menghilangkan Benjolan di Anus dengan Cepat Secara Alami
Ketika buang air besar teraba ada benjolan di anus atau lubang dubur pasti yang belum mengetahui akan bertanya-tanya, benjolan di anus ini apa dan apakah berbahaya. Kebutalan pada pembahasan kali ini akan membahas bagaimana cara menghilangkan benjolan di anus dengan cepat secara alami dan juga akan di bahas apa benjolan di anus tersebut.

Sebenarnya benjolan di anus termasuk salah satu keluhan yg cukup sering dialami terutama oleh orang dewasa baik pada pria ataupun wanita. Benjolan di anus itu sering muncul ketika jarang buang air besar atau ketika sedang kesulitan buang air besar. Kadang juga benjolan itu hilang dengan sendirinya ketika buang air besar dalam beberapa waktu tidak ada masalah atau lancar.

Dari berbagai kasus yang terjadi umumnya benjolan di anus atau benjolan di bibir lubang dubur adalah gangguan pada pembuluh darah yang terdapat pada anus yang disebut dengan wasir atau ambeien atau dalam dunis medis disebut dengan hemoroid.

Wasir atau ambeien terjadi karena disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah di sekitar anus akibat adanya peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah tsb akibatnya timbulah pembengkakan pada saluran anus atau benjolan di anus yang disebut dengan wasir, ambeien atau hemoroid.

Jadi benjolan di anus atau benjolan di bibir lubang dubur itu kemungkinan besarnya adalah wasir, ambeien atau hemoroid. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan benjolan di anus atau wasir, antara lain seperti :
  • Konstipasi ( susah buang air besar ), ini terjadi karena kurangnya asupan makanan berserat tinggi sehingga menyebabkan konstipasi.
  • Terlalu lama mengejan ketika buang air besar
  • Faktor usia
  • Faktor keturunan
  • Obesitas / kelebihan berat badan
  • Sedang hamil.
Benjolan di anus pun bisa terjadi di tepat lubang anus dan bisa juga berada di dalam anus, jika dalam pengertian wasir ada 2 jenis wasir, yaitu
  1. Benjolan yang berada di dalam anus disebut dengan wasir dalam ( hemoroid internal )
  2. Benjolan yang berada di luar anus atau tepat berada di bibir lubang anus disebut dengan wasir luar ( hemoroid eksternal ).
Wasir pun memiliki tingkatan atau stadium tersendiri, yaitu :
  • Stadium 1, hanya keluar darah saat BAB, tidak ada benjolan.
  • Stadium 2, keluar darah saat BAB atau tidak, adanya benjolan di anus tetapi benjolan tersebut dapat masuk dengan sendirinya.
  • Stadium 3 , keluar darah saat BAB atau tidak, benjolan dianus tetapi benjolan dapat masuk dengan didorong oleh jari tangan
  • Stadium 4, keluar darah saat BAB, benjolan di anus sudah sangat besar dan tidak dapat masuk lagi.
Benjolan di anus baik yang berada di dalam anus ataupun yang berada di luar anus bukan termasuk keluhan berbahaya, terbentuknya pun dalam waktu yg cukup lama hanya saja penderitanya tidak menyadarinya. Biasanya benjolan di anus ( wasir ) itu muncul ketika mengalami kesulitan buang air besar, ketika baung air besarnya lancar kembali dalam beberapa waktu benjolan itu akan hilang dengan sendirinya tanpa disadari juga.

Akan tetapi benjolan di anus ( wasir ) bisa tumbuh menjadi besar dan semakin membesar jika terus mengalami kesulitan buang air besar, maka dari itu jika mengalami keluhan benjolan di anus ( wasir ) sebisa mungkin untuk menjaga pola makannya agar buang air besarnya tetap lancar.

Cara mengobati benjolan di anus bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dilakukan dengan diperiksakan ke dokter atau dengan menggunakan cara tradisional dan alami. Cara menghilangkan benjolan di anus dengan cepat secara alami dan tradisional menjadi pilihan atau solusi alternatif. Yang dimaksud pengobatan benjolan di anus secara tradisional ialah dengan menggunakan berbagai bahan-bahan alami yang tentunya berkhasiat menghilangkan benjolan di anus dengan cepat secara alami.

Obat benjolan di anus atau obat wasir pun beragam, di warung-warung atau di apotik-apotik sudah banyak yang menjualnya dengan berbagai macam merk. Ada sebagian juga obat benjolan di anus atau obat wasir ini dibuat sendiri dan diramu oleh sendiri.

Cara menghilangkan benjolan di anus dengan cepat secara alami dan tradisional bisa dicoba mengunakan bahan-bahan alami berikut :

Cara Menghilangkan Benjolan di Anus dengan Cepat Secara Alami
Lidah buaya
pastinya sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini yaitu lidah buaya. Memang benar tanaman satu ini memiliki beragam manfaat salah satunya bisa ramu menjadi obat benjolan di anus. Cara menghilangkan benjolan di anus dengan cepat secara alami pertama bisa dicoba menggunakan lidah buaya.

Cara meramunya pertama kupas setengah batang lidah buaya lalu parut lalu campurkan dengan setengah gelas air matang dan saring. Hasil saringan dicampurkan dengan 2 sendok makan madu dan jadilah obat benjolan di anus dari tanaman lidah buaya. Minum obat alami ini 3 kali sehari untuk pengobatan benjolan di anus secara tradisional. Cara lainnya bisa dengan mengambil gel lidah buaya lalu di tempelkan pada benjolan di anus.

Cara Menghilangkan Benjolan di Anus dengan Cepat Secara Alami
Tomat
Ramuan obat dari tomat juga bisa menjadi salah satu solusi alternatif cara menghilangkan benjolan di anus dengan cepat secara alami. Jika di rumah kebetulan ada tomat bisa dicoba di racik untuk dijadikan obat benjolan di anus tradisional.

Cara membuatnya cukup mudah ambil beberapa buah tomat kemudian dicuci sampai bersih. Potong buah tomat kemudian haluskan dan tambahkan minyak kelapa. Diamkan terlebih dahulu selama 10 menit. Saring menggunakan kain bersih dan oleskan pada benjolan di anus secara merata.

Cara Menghilangkan Benjolan di Anus dengan Cepat Secara Alami
Tanaman sosor bebek
Tanaman sosor bebek mengandung zat yang berfungsi sebagai anti radang, mengurangi pembengkakan serta menghentikan pendarahan akibat wasir sehingga sangat bagus digunakan sebagai pengobatan benjolan di anus.

Cara membuat ramuannya yaitu ambil sekitar 50 lembar daun sosor bebek kemudian cuci bersih dan keringkan dengan cara diangin-anginkan. Setelah kering, haluskan daun sosor bebek dengan cara menumbuknya. Haluskan sampai menjadi bubuk. Simpan bubuk tanaman sosor bebek ke dalam wadah yang tertutup rapat. Penggunaanya untuk pengobatan benjolan di anus cukup ambil satu sendok dari ramuan tersebut lalu seduh dengan air panas bisa ditambah madu, minum rutin 2x sehari.

Masih banyak lagi tanaman-tanaman herbal alami lainnya yang jug baisa dijadikan obat benjolan di anus tradisional dan alami. Namun perlu diperhatikan kembali tentu pengobatan terbaik yang perlu dilakukan ialah dengan dipriksakan dulu ke dokter agar bisa mendapat penanganan yang lebih tepat.

Dan tentunya keluhan benjolan di anus harus segera mendapat penanganan yang tepat apalagi jika sudah pada stadium 3 atau stadium 4. Jika sudah pada stadium yang parah lebih baik segera periksakan ke dokter terdekat. Demikian informasi cara menghilangkan benjolan di anus dengan cepat secara alami dan tradisional, semoga bermanfaat.